Lebih Dari 2 Juta Hektar Lahan Di Riau "Diramaikan" Perkebunan Sawit

REDAKSIRIAU.CO, PEKANBARU - Kelapa sawit yang memiliki nama latin Elais guinensiss Jacq adalah salah satu jenis komoditas perkebunan yang banyak dibudidayakan di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Kelapa sawit merupakan tumbuhan industri penghasil minyak masak, minyak industri, maupun bahan bakar (biodiesel). Penyebaran kelapa sawit di Indonesia sangat luas, terutama di Pulau Sumatera dan Kalimantan.

Loading...

Provinsi Riau adalah salah satu daerah yang berada di Pulau Sumatera. Berdasarkan data yang BPN 2010 yang di dapat kru Bertuahpos dari Jikalahari, luas area perkebunan sawit di Provinsi Riau sendiri sebesar 2.136.666.15 hektar. Luas ini berasal dari 232 perusahaan yang ada di Provinsi Riau.

Perusahaan tersebut, tersebar di Kabupaten Siak, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Kuantan Singingi, Pelelawan, Kampar, Dumai, dan Bengkalis.

Kabupaten dengan area terluas yaitu di kabupaten Indragiri Hulu, dengan luas area sawit sebesar 1.173.878.8 Hektar.

Dan berdasarkan hasil pertemuan dengan Koalisi Rakyat Riau (Rabu, 7/12/16) lalu, berdasarkan data Pansus, yang disampaikan Joni Setiawan Mundung selaku anggota KRR . Sebanyak 2,7 juta hektar lahan digunakan oleh perkebunan yang tidak memiliki izin.

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...